Manfaat Monitor LCD Bagi Mata

LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, misalnya dalam alat-alat elektronik, seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai suatu titik cahaya. Walaupun disebut sebagai titik cahaya, namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri.

Chatode-ray tube atau disingkat CRT merupakan perangkat yang merubah sinyal listrik menjadi sinyal optical melalui proses penembakan electron (electron beam). CRT banyak dipakai sebagai peralatan televisi, osiloskop, radar sistem dan lain sebagainya. Pada tahun enam puluhan, ketika teknologi komputer mulai berkembang CRT banyak digunakan sebagai monitor. Sampai saat ini teknologi CRT masih banyak dipakai.

Berikut Perbedaan dan manfaat monitor LCD dibanding CRT :

CRT ke LCD, Monitor tabung atau yang lebih kita kenal dengan CRT memang memberi efek yang lebih buruk ke mata kita (berdasarkan penelitian) Selain itu monitor tabung / CRT menggunakan energi listrik yang lebih besar. lebih baiknya untuk pemakaian sehari-hari memakai monitor LCD, alasannya: efek radiasi LCD lebih rendah dari CRT, LCD menggunakan sedikit energi dari CRT yang artinya tagihan listrik kalian akan lebih rendah. Memang tidak perlu di pungkiri bahwa harga LCD jauh lebih mahal daripada CRT, apabila agan belum punya uang untuk membeli LCD usahakan membeli Protector filter anti-radiasi untuk monitor CRT. ini baiknya untuk pengguna yang sehari-harinya nimbrung terus depan monitor komputer, apalagi yang suka main games dll. selain itu space atau ruang penataan monitor di meja yang jauh lebih leluasa jika menggunakan monitor LCD. contoh : monitor LCD 17 hanya mengkonsumsi listrik sekitar 35-60 watt, Ini tentu jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan monitor CRT 17″ yang mengkonsumsi listrik antara 70 sampai 100 watt.

Berikut ini ada tips sederhana untuk menghindari mata lelah akibat terlalu lama di depan monitor :

  1. Jaga Jarak Pandang antara mata dan monitor. Berada terlalu dekat monitor memang membahayakan bagi mata, sebaiknya kita memiliki jarak pandang yang baik, jarak yang di anjurkan adalah sekitar 20-50 inch atau setara dengan 50-100 cm dari mata.
  2. Setting pengaturan warna dan kecerahan monitor. Terkadang kita tidak sadar akibat terlalu cerahnya monitor akan memberikan efek yang kurang baik di mata kita, Seperti misalnya brightness yang berlebihan, terlalu sharp dan sebagainya. Sebaiknya kita mengatur setting ini berdasarkan kenikmatan mata kita, misalnya warna yang terlalu gelap kita cerahkan sedikit sehingga mata kita akan lebih bisa menikmati tampilan visual itu dan tidak menambah berat beban kerja mata.
  3. Kacamata Anti Radiasi. Memang harganya relatif tidak murah, tapi juga tidak terlalu mahal (Harga kacamata anti-radiasi sekitar 300 ribu rupiah), selain itu terkadang ada beberapa orang yang merasa kurang pede alias kurang gaul apabila menggunakan kacamata, Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut sangat berguna bagi mata kita, lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri mata akibat terlalu lama di depan monitor.
  4. Istirahatkan mata secara Berkala, Cara yang paling mudah dan efisien tentunya, cobalah dalam selang 1 jam kita mengistirahatkan mata selama 5 menit. Misalnya dalam 1 jam itu 5 menit kita gunakan untuk melihat-lihat dunia luar seperti pemandangan, berjalan-jalan, mencuci muka dan lain sebagainya… Intinya menjauh dari monitor.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: